Wednesday 1 May 2013

BERSIH ITU SEHAT DAN INDAH

KEBERSIHAN menjadi salah satu masalah serius yang di hadapi kota Jakarta saat ini. Kesadaran masyarakatnya untuk membuang sampah pada tempatnya, masih sangat rendah.

Orang dengan mudahnya membuang sampah sesuka hati tanpa berpikir bahwa sampah yang dibuang itu dapat merusak keindahan kota dan dapat menjadi sumber bencana seperti banjir.

Jngankan untuk membuang sampah pada tempatnya, untuk melepas sandal di tempat yang terliahat lumayan bersih saja malas dan tidak perduli dengan orang yang sudah membersihkan tempat itu...

Mr. Ashida, adalah salah satu warga negara Jepang yang peduli akan kebersihan Jakarta. Pendiri sekaligus ketua dari komunitas 'Jakarta Osaji Club' ini mengaku prihatin terhadap kesadaran warga Jakarta akan masalah kebersihan.

"Kalau di Jepang kesadaran akan kebersihan jauh lebih tinggi, di Tokyo bila saya berjalan sejauh 5 km, saya hanya menemukan satu puntung rokok yang dibuang sembarangan," ungkap pria yang mulai lancar berbahasa Indonesia ini, di Jakarta.

Menurutnya, di Jepang kesadaran akan pentingnya kebersihan sudah ditanamkan sejak kecil melalui pendidikan dirumah. Rasa malu untuk membuang sampah sembarangan sudah menjadi hal yang biasa di negaranya.

"Bila kita berpergian di kota-kota di Jepang, jarang kita temukan tempat sampah di pinggir-pinggir jalan. Orang Jepang selalu mambawa kantong khusus untuk mambawa sampahnya untuk dibuang ketika sampai dirumah," jelasnya.

Pria yang hobi mengoleksi topi ini prihatin dengan masyarakat Indonesia yang menganggap selepe masalah sampah. "Saya suka berbincang dengan warga lokal, mereka mengatakan tidak apa-apa buang sampah sembarangan karena nanti juga ada petugas yang membersihkannya," ungkap pria yang sudah 17 tahun tinggal di Indonesia tersebut.

No comments:

Post a Comment

Search This Blog